Langsung ke konten utama

BIOGRAFI AHMAD ALBAR



BIOGRAFI AHMAD ALBAR
Ahmad Albar lahir di Surabaya,  Jawa Timur, 16 Juli 1946. Penganut Agama islam.
Ahmad Albar merupakan vokalis dari group God Bless. Ia lahir dari pasangan Syech Albar dan Farida Al-Hasni. Ibunya bercerai dan kemudian menikah dengan seorang artis, Jamaluddin Malik. Dari pernikahan mereka ini melahirkan seorang artis wanita, Camelia Malik.
Ahmad Albar biasa juga di panggil dengan julukan Iye. Ahmad Albar pernah menikah dengan artis Rini S. Bono dan mempunyai tiga putra, fauzi albar, fachri albar, fadli albar
 Seperti ayah dan ibunya yang bercerai, Ahmad Albar pun bercerai dengan Rini pada 30 September 1994.
Lye sempat bersekolah di Surabaya,masa kecilnya pun sempat berpindah-pindah rumah. Kota Bandung adalah salah satu kota yang pernah ia singgahi bersama sang bunda tercinta.Sementara itu diam-diam bakat seni sang ayah (alm.Syech Albar) menurun kepada dirinya. Bukan cuma musik,tapi juga film.
Lye mengawali karir di dunia hiburan sejak kanak-kanak, lewat pangung akting dengan debut filmnya JENDERAL KANCIL (1957). Sementara karir bermusiknya diawali sejak usia sebelas tahun, di mana bersama teman-teman seusianya membentuk band bocah Bintang Remaja, meski dua tahun kemudian band tersebut bubar.
Berikutnya bersama bintang Titi Qadarsih, Iye membentuk Kuarta Nada. Band ini pun tidak bertahan lama, akhirnya kemudian bubar.
Ketika di Indonesia muncul peristiwa ‘Gestafu’, Ibunya Iyek yang merasa khawatir dengan situasi di Negeri bekas Kolonial Belanda ini, saat itu, segera menitipkan kepada seorang kerabatnya yang berada di Nederland (Belanda 1960). ’Kuarta Nada’, terpaksa bubar, tidak sampai disitu, hubungan dengan dunia film pun terputus. Sambil meneruskan kiprah musiknya, Albar bekerja di sebuah restaurant dan kursus gitar klasik
Di negeri Kincir Angin ini karir musik Ahmad Albar mulai terang-benderang. Ia memenangkan kontes Musik bakat yang diselenggarakan oleh TV Holland pada saat itu. Kesibukannya sebagai guest vocal “The Tee Set” segera menarik perhatian “Take Five”(1966), kelompok musik anak-anak Melayu yang baru saja ditinggalkan penyanyinya, namun grup ini pun kembali bubar pada 1967.
 Disusul pada 1967, dirinya punya band baru Clover Leaf  dengan aliran keras yang kemudian menelurkan album dan lima single. Di bawah penanganan manajer 'Jack van Loon',Clover Leaf berhasil mendapatkan kontrak dari Polidor. Berkat lagu-lagu nya Clover Leaf berhasil menembus Australia,Belgia,Luxemburg,Jerman dan beberapa negara tetangga Belanda lainnya. Clover leaf yang berpindah lebel dari Polidor,ke Imperial, semakin mengukuhkan status mereka sebagai band dengan aktraksi panggung sangat memikat.dengan lye sebagai vocalis. Setelah merilis singel “Woman/If Meet Her,” Clover Leaf, band asal Nederland yang gemar memainkan musik keras akhirnya membubarkan barisan.
.Pada 1972 bersama Ludwig Lemans, gitaris Clover Leaf, dirinya pulang dan mengunjungi Indonesia. Iye mencoba mencari musisi untuk bergabung dengan dirinya. Pada 1973, Iye, Ludwig, Donny Fattah, Fuad dan Jockie Soerjoprajogo mengadakan latihan di Puncak untuk menghadapi pergelaran musik di Taman Ismail Marzuki. Dalam latihan mereka sepakat membentuk sebuah grup dengan nama God Bless.
Kesuksesannya saat merilis album perdana bertajuk God Bless pada tahun 1975 membuat grup rock itu menjadi grup pembuka konser grup rock dunia “‘Deep Purple’” di Jakarta. Figur Ahmad Albar meroket menjadi superstar rock Indonesia dan Majalah Tempo edisi 27 September 1975 menjadikan dia sebagai laporan utama dengan memajang foto Albar di sampul depan. Dengan rambut kribonya, Iye –panggilan akrabnya-, selalu memukau penonton saat tampil di panggung. Lagu-lagu yang dibawakannya bersama God Bless menjadi hits yang tak pernah dilupakan. Ia juga membuat album solo.
God Bless telah mengeluarkan banyak album, antara lain CERMIN (1980), SEMUT HITAM (1988), RAKSASA (1989), THE STORY OF GOD BLESS (1990), 18 GREATEST HITS OF GOD BLESS (1992), dan APA KABAR (1997).
Ahmad Albar yang berambut kribo kemudian membentuk grup Duo Kribo bersama Ucok Harahap vokalis AKA Band yang juga berambut kribo. Duet ini menghasilkan tiga album, Neraka Jahanam (1977), Pelacur Tua (1978), dan Panggung Sandiwara (1978).
Duet Ahmad Albar sempat mengecewakan sebagian penggemarnya ketika pada 1979 merilis album dangdut. Tak hanya bernyanyi dangdut, Ahmad Albar pun main dalam film “Irama Cinta” bersama ratu dangdut Elvy Sukaesih dan berduet membawakan lima lagu
Pada 1980 God Bless mengeluarkan album kedua berjudul Cermin. Ian Antono bergabung dalam kelompok musik cadas tersebut. Setelah itu God Bless vakum lama tetapi Ahmad Albar tetap bersolo karier atau tampil bersama penyanyi lain antara lain Gito Rollies dan Mus Mujiono.
Sepanjang 1980-an hingga pertengahan 1990-an, Ahmad Albar mengeluarkan album Syair Kehidupan (1980) bersama Ian Antono, Dunia Huru Hara dan Dunia Dibakar Api (1988) yang dibuat bersama pemusik Areng Widodo, Jangan Ada Luka (1996) bersama lady rocker, Nicky Astria.  Dan banyak lagi.
Saat mencari vokalis untuk Gong 2000 yang digawangi Ian Antono, Albert Wijaya, Yaya Muktio (drum), Harry Anggoman (keyboard), dan Donny, pilihan jatuh pada Ahmad Albar, karena dia dianggap yang terbaik saat itu.
Konser Gong 2000 tanggal 26 Oktober 1991 di Parkir Timur Senayan memuaskan sekitar 100.000 penonton. Grup ini menghasilkan empat album: Bara Timur (1991), Gong Live (1992), Laskar (1993), dan Prahara (2000).
Di sini Albar nyaris sempurna melahirkan God Bless kedua. Penggemar tampaknya tidak peduli apakah yang mereka dengar Gong 2000 atau God Bless, yang penting ada Ian, Donny, dan Albar.
Kecemerlangannya di atas panggung ternyata tidak diikuti dalam kehidupan sehari-hari. Pernikahannya dengan artis Rini S Bono pun bubar. Tak hanya itu, tahun 2007, Iye ditangkap di rumahnya karena diduga terlibat kasus penemuan 490 ribu butir ekstasi di apartemen Taman Anggrek, Jakarta Barat. Polisi juga menuduh ia memiliki sebutir ekstasi yang ditemukan di dalam kamar mandinya. Hasil tes urine Ahmad Albar juga menunjukkan adanya kandungan narkoba.  
Ia akhirnya dijatuhi hukuman delapan bulan penjara potongan tahanan tujuh bulan dan denda 6 juta rupiah. Vonis ini lebih rendah dari tuntutan JPU, 1 tahun penjara. Iye akhirnya bebas pada tanggal 11 Juli 2008.
Perlahan setelah berusaha melepaskan diri dari cengkraman narkoba, iye mencoba kembali ke dunia hiburan
Dan ia masih tetap diterima oleh pendengar setianya. Memang usianya yang sudah tua, namun semangatnya tak pernah berubah.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

peradaban india kuno, cina kuno, mesopotamia, mesir kuno

TUGAS SEJARAH TENTANG PERADABAN INDIA KUNO, CINA KUNO, MESOPOTAMIA, DAN MESIR KUNO TERDIRI DARI PERADABAN SUNGAI INDUS DAN GANGGA PERADABAN LEMBAH SUNGAI INDUS Pusat Peradaban Peradaban Lembah Sungai Indus diketahui melalui penemuan-penemuan arkeologi-di Kota Harappa dan Mohenjodaro. Kota Mohenjodaro diperkirakan sebagai ibukota daerah Lembah Sungai Indus bagian selatan dan Kota Harappa sebagai ibukota Lembah Sungai Indus bagian utara.   peradaban lembah sungai indus berada sepanjang sungai indus di pakistan sekarang ini. Mahendjoro merupakan pusat dari masyarakat kuno ini. Tata Kota Di Kota Mohenjodaro dan terdapat gedung-gedung dan rumah tinggal serta pertokoan dibangun secara teratur dan berdiri kukuh. Gedung-gedung dan rumah tinggal dan pertokoan itu sudah terbuat dari batu bata lumpur. Kemampuan mereka dapat diketahui melalui peninggalan-peninggalan budaya yang ditemukan, seperti bangunan Kota Mohenjodaro dan Harappa, berbagai macam patung,   dan berbagai ma

KERAJAAN DI INDONESIA, kutai,sriwijaya,majapahit

BAB 1 PENDAHULUAN KATA PENGANTAR Dengan mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT , yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita, karena kehendaknyalah kami dapat menyelesaikan tugas ini, dan tak lupa pula kami kirimkan shalawat beserta salam kepada nabi Muhammad S.A.W yang membawa kita dari alam kebodohan sampai alam yang berpendidikan yang kita rasakan kali ini, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas kami dari guru. Kami harap bisa memberi pelajaran kepada kita semuanya. Secara garis besar tugas ini adalah mengenai kerajaan yang ada di Indonesia, baik kerajaan kutai, tarumanegara, sriwijaya dan kerajaan maja pahit. kami mengucapkan terima kasih kepada orang tua, guru – guru , serta teman yang seperjuangan, karena tanpa kalian mungkin kami tidak bisa menyelesaikan tugas ini. kami berharap , semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi para pembaca atau yang membutuhkannya, dan bersama – sama ikut serta meningkatkan mutu pendidikan dan mencerdaskan kehidupan ban

biografi pelukis indonesia

BIOGRAFI PELUKIS INDONESIA DAFTAR ISI : Biografi pelukis – pelukis indonesia 1)         Raden saleh 2)       Affandi 3)       Sindudarsono sudjojono 4)       Basoeki Abdullah 5)       Agus djaya suminta 6)       Otto jaya 7)       Popo iskandar   Raden Saleh adalah seorang pelukis dengan nama besar yang cukup terkenal dan menjadi bagian dari sejarah seni rupa di Indonesia. Ibunya bernama Mas Adjeng Zarip Hoesen, tinggal di daerah Terboyo, dekat Semarang. Sejak usia 10 tahun, ia diserahkan pamannya, Bupati Semarang, kepada orang-orang Belanda atasannya di Batavia. Kegemaran menggambar mulai menonjol sewaktu bersekolah di sekolah rakyat (Volks-School). Keramahannya bergaul memudahkannya masuk ke lingkungan orang Belanda dan lembaga-lembaga elite Hindia-Belanda. Seorang kenalannya, Prof. Caspar Reinwardt, pendiri Kebun Raya Bogor sekaligus Direktur Pertanian, Kesenian, dan Ilmu