Langsung ke konten utama

peradaban india kuno, cina kuno, mesopotamia, mesir kuno



TUGAS SEJARAH
TENTANG
PERADABAN INDIA KUNO, CINA KUNO, MESOPOTAMIA, DAN MESIR KUNO
TERDIRI DARI PERADABAN SUNGAI INDUS DAN GANGGA
PERADABAN LEMBAH SUNGAI INDUS
Pusat Peradaban Peradaban Lembah Sungai Indus diketahui melalui penemuan-penemuan arkeologi-di Kota Harappa dan Mohenjodaro. Kota Mohenjodaro diperkirakan sebagai ibukota daerah Lembah Sungai Indus bagian selatan dan Kota Harappa sebagai ibukota Lembah Sungai Indus bagian utara.
 peradaban lembah sungai indus berada sepanjang sungai indus di pakistan sekarang ini. Mahendjoro merupakan pusat dari masyarakat kuno ini.
Tata Kota Di Kota Mohenjodaro dan terdapat gedung-gedung dan rumah tinggal serta pertokoan dibangun secara teratur dan berdiri kukuh. Gedung-gedung dan rumah tinggal dan pertokoan itu sudah terbuat dari batu bata lumpur.

Kemampuan mereka dapat diketahui melalui peninggalan-peninggalan budaya yang ditemukan, seperti bangunan Kota Mohenjodaro dan Harappa, berbagai macam patung,  dan berbagai macam meterai dengan lukisannya yang bermutu tinggi dan alat-alat p eperangan seperti tombak, pedang, dan anak panah
Raja-raja yang pernah memerintah Kerajaan Maurya antara lain yang terkenal adalah Candragupta Maurya dan ashoka, gambar dibawah adalah ashoka yang pada pemerintahannya mencapai puncak kejayaan
Kepercayaan Sistem kepercayaan masyarakat Lembah Sungai Indus bersifat politeisme atau memuja banyak dewa. Dewa-dewa tersebut misalnya dewa kesuburan dan kemakmuran (Dewi Ibu). Masyarakat lembah Sungai Indus juga menyembah binatang-binatang seperti buaya dan gajah serta menyembah pohon seperti pohon pipal (beringin). Pemujaan tersebut dimaksudkan sebagai tanda terima kasih terhadap kehidupan yang dinikmatinya, berupa kesejahteraan dan perdamaian.
Sistem Pemerintahannya telah mengembangkan suatu  system pemerintahan yang teratur dan damai
Sungai Indus bermuara dilaut Arab dan memiliki banyak anak sungai sehingga tanah di wilayah itu subur.Peradaban lembah sungai Indus berlangsung dari tahun 3300 SM– 1700 SM
Akhir Peradaban lembah Sungai Indus surut akibat bencana alam dan perubahan iklim. Akibatnya sungai dan daratan sekitarnya mengering. Selain itu juga disebabkan serangan dari bangsa arya

PERADABAN SUNGAI GANGGA
  • Lembah Sungai Gangga terletak antara Penggunungan Himalaya dan Penggunungan Windya-Kedna.Sungai itu bermata air dipenggunungan Himalaya dan mengalir  melalui kota-kota besar seperti Delhi, Agra, Allahabad,Patna, Benares, melalui wilayah Bangladesh dan bermuara di telukBenggala. Sungai Gangga bertemu dengan Sungai Kwen Lun. Dengan keadaan alam seperti ini tidak heran bila Lembah Sungai Gangga sangat subur.
  • Pendukung peradaban Lembah Sungai Gangga adalah bangsa Aria yang termasuk bangsa IndoJerman. Mereka datang dari daerah Kaus kasus dan menyebar ke arah timur.Kebudayaan lembah SungaiGangga merupakan kebudayaan campuran antara kebudayaan bangsa Aria dengan bangsa Dravida.Kebudayaan campuran itu lebih dikenal dengan sebutan kebudayaan Hindu, salah satu peninggalannya, yaitu patung

  • Sungai Gangga dianggap tempat keramat bagi penganut Hindu, air di tempat ini dikira menyucikan diri
  • Perkembangan sistem pemerintahan di Lembah Sungai Gangga merupakan kelanjutan dari system pemerintahan masyarakat di daerahl embah Sungai Sindhu. Sejak runtuhnya kerajaan Maurya, keadaan menjadi kacau akibat terjadi peperangan antara kerajaan-kerajaan kecil yang ingin berkuasa. Keadaan ini baru dapat diamankan kembali setelah munculnya Kerajaan Gupta.
  • Kerajaan Gupta didirikan oleh Raja Candragupta I (320-330 M) dengan pusatnya di Lembah Sungai Gangga.Kerajaan Gupta mencapai masa yang paling gemilang ketika Raja Samudra Gupta (cucuCandragupta I) berkuasa.
  • Setelah masa pemerintahan Raja Harshawardana hingga abad ke-11 M tidak pernah diketahui adanya raja-raja yang berkuasa.
  • Dan akhirnya India mengalami masa kegelapan.
PERADABAN CINA KUNO
Peradaban Cina ini berkembang di sekitar lembah sungai Kuning sejak5000 tahun yang lalu. Lembah Sungai Hoang Ho merupakan salah satu daerah yang subur di Tiongkok.Disebut “Sungai Kuning” karena pada saat terjadi banjir, Sungai Hoang Ho membawa lumpur berwarna kuning. Demikian pula laut dimana sungai tersebut mengalir sebagai muaranya disebut “Laut Kuning”.
Letak Geografis Sungai Kuning atau Hwang-Ho bersumber di daerah pegunungan Kwen-Lun  di Tibet.
Pertanian Cina kuno sudah dikenal sejak zaman Neolitikum, yakni sekitar tahun 5000SM. Kemudian pada masa pemerintahanDinasti Chin (221-206 SM) terjadi kemajuan yang mencolok dalam sistem pertanian. Padamasa ini pertanian sudah diusahakan secara intensif. Pupuk sudah dikenal untuk menyuburkan tanah. Kemudian penggarapan lahan dilakukan secara teratur agar kesuburantanah dapat bertahan.
Pembuatan barang-barang seperti perhiasan, perabotan rumah tangga, alat-alat senjataseperti pisau, pedang, tombak, cangkul, sabit dan lain-lain, menunjukan tingginya tingkat perkembangan teknologi masyarakat Cina pada saat itu.

Arsitektur kuno cina-pun sudah berhasil menciptakan beberapa karya arsitektur  terkenal yang terbilang ’ajaib’ seperti Tembok Besar Cina = Great Wall of China yang dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Chin. Dibangun selama 18 abad dan baru selesai pada masa pemerintahan Dinasti Ming


Dalam proses perkembangannya, teknik arsitektur yang luar biasa berkombinasi dengan desain artistik yang sudah fenomenal-lah yang menimbulkan keunikan pada seni arsitektur cina sampai sekarang ini.

Pemerintahan

Dinasti Hsia Merupakan dinasti tertua di Cina.Termasuk zaman proto sejarah di Cina karena tidak meninggalkan prasasti.
Dinasti Shang (1570-1045SM) masyarakatnya sudah hidup menetap. Masyarakat pada waktu itu sudah mengenal suatu kepercayaan yaitu memelihara artifak.
 Dinasti Chou (1045-265SM) Para raja pada dinasty shang tidak mampu mengendalikan pemerintah hanya meningkatkan kekuatan suku-suku bangsanya.Hal ini mendapat tanggapan dari dynasty chou untuk menguasainya.  Peninggalan Dinasti Chou hasil karya seni yang dihasilkan diantaranya lukisan pada sutra, pahatan pada kayu, serta teknik pada memasang kaca keramik yang sekaligus menandai adanya gaya dan pengembangan baru pada dynasty ini.
Dinasti Chin (221-206 SM)
Dinasti Han (206 SM – 220 M) dinasti Chin tak dapat dipertahankan sehingga kekuasaannya dikendalikan oleh kekaisaran Han.
Dinasti Tang (618-907 M) Dinasti Tang didirikan oleh Li Shih Minh.
 Dinasti Sung (960-1279M ) Kaisar Sung pada masa pemerintahannya berusaha untuk menjaga perdamaian dengan daerah-daerah disekitarnya yang pernah menjadi musuhnya.
Dinasti Yuan (1279-1368M) (Mongolia) Struktur-struktur kerajaan pada umumnya dibangun dengan membentuk sebuah simetris.Bahan-bahan yangbanyak digunakan adalah dari batu pualam.
Dinasti Ming Pendiri dinasti Ming adalah Chu Yuan Cheng yang bergelar Ming Tai Tsu.
Dinasti Manchu Merupakan dinasti terakhir di Cina dan merupakan dinasti asing karena berasal dari Manchuria.

Kepercayaan masyarakat cina kuno bercorak politheisme.
Masyarakat Cina sudah mengenal tulisan gambar. Tulisan ini sebagai salah satu sarana komunkasi, sedangkan bahasa yang digunakan masyarakat Cina antar wilayah berbeda-beda sehingga masyarakat suatu provinsi tidak bisa berkomunikasi dengan masyarakat di provinsi lainnya. Pada permulaan abad ke 20 sudah dikembangkan pemakaian bahasa persatuan, yaitu bahasaKou You.
Melalui ilmu perbintangan, di Cina berkembang sistem penanggalan.Pengetahuan astronomi menjadi dasars egala aktivitas masyarakat Cina (pelayaran, pertanian, dan usaha untukmengenal pergantian musim)
 kuil yang terkenal adalah Kuil Dewa Beijing

Istana, tujuan dibangun istana adalah untuk menghormati kaisar/raja. Karena kaisar dianggap sebagai jelmaan dewa yang memerintah Cina


Seni kerajinan cina adalah Lukisan dan Keramik, Ciri khas keramik Cina adalah adanya ukiran naga/ ular dan tumbuh- tumbuhan pada guci keramik Cina
MESOPOTAMIA / IRAK KUNO
Letak GeografisMesopotamia berukuran sekitar 300 mil panjangnya dan150 mil lebarnya. Mesopotamia terletak di antara sungai Tigris dan Efrat yang mengalir ke teluk persia. Batas-batas geografis Mesopotamia:. Utara : Turki, Iran. Barat : Cyprus, Laut Mediterania. Selatan : Irak, Arab Saud. Timur : Iran, Laut Persia
Tanah subur disepanjang sungai menghasilkan tanaman seperti gambar yaitu serat rami, dan masih banyak hasil pertanian yang lain

Sejarah Mesopotamia Kuno dimulai pada abad (ca.5300 SM).
Kerajaan yang Pernah Berkuasa yaitu:

Kerajaan Sumeria (3500-2300 SM)Bangsa Sumeria merupakan bangsa yang pertama kali mendiamikawasan Mesopotamia. Bangsa ini menganut kepercayaan politeisme atau mempercayai adanya banyak dewa. Tempat untuk memuja para dewa tersebut adalah ziggurat.
Bangsa Sumeria juga sudah mengenal tulisan, yaitu tulisan paku.

Kerajaan Babylonia Lama (1.720 - 1.350 SM) Raja yang terkenal dan sangat berperan dalam perkembangan peradaban Babylonia adalah Raja Hammurabi (1750 SM). Sumbangan terbesar Raja Hammurabi terhadap peradaban dunia adalah Undang-Undang Hammurabi Hammurabi atau Kode Hukum Hammurabi.
  Tulisan Paku pada lempengan batu tentang UU Hammurabbi yang berisi 280 pasal


kerajaan Assyria dengan ibu kota Nineveh.Bangsa Assyria adalah bangsa militer yang memerintah dengan menyebarkan rasa takut dengan melakukan kekejaman-kekejaman terhadap lawan-lawannya.

Kerajaan Baylonia Baru (627-530 SM)Pada tahun 627 SM, bangsa Babylonia dapat melepaskan diri dari kekuasaan bangsa Assyria dan membentuk imperium  Babylonia baru karena masih beribu kota di Babylon.

Kerajaan Persia (525 - 331 SM)Setelah imperium Babylonia baru dapat dikalahkan olehbangsa Persia dan bangsa Media dari Indo-German,muncullah imperium baru dibawah kekuasaan bangsaPersia.

Sejarah Mesopotamia Kuno diakhiri oleh datangnya dinasti Akamenid pada abad ke-6, dan ditaklukannya Mesopotamia oleh Kekhalifahan Islam,Dimana, pada saat itu dikenal sebagai Iraq. Daerah ini merupakan satu dari empat peradaban dimana tulisan mulai dikembangkan, bersama dengan Lembah Nil di Mesir, Lembah Indus di India, dan Sungai Kuning di Cina.



PERADABAN MESIR KUNO
Peradaban mesir kuno lebih terfokus pada daerah lembah sungai nil, yang terbentang dari pegunungan Kilimanjaro hingga laut tengah. Daerah disekitar itu sangat cocok untuk bercocok tanam walaupun daerah disekitarnya gurun tapi masyarakatnya bisa menghasilkan peradaban disana.
Masyarakat kuno tergantung pada sungai nil, dan mereka bersama membentuk organisasi yang teratur untuk mengembangka system perairan.
Pemerintahan:
Kerajaan Mesir Tua (2660 – 2180 SM)
Lahirnya kerajaan Mesir Tua setelah Menes berhasil mempersatukan Mesir Hulu dan Mesir Hilir. Sebagai pemersatu ia digelari Nesutbiti dan digambarkan memakai mahkota kembar.Kerajaan Mesir Tua disebut zaman piramida karena pada masa inilah dibangun piramida-piramida terkenal misalnya piramida Sakarah dari Firaun Joser.
Piramida di Gizeh adalah makam Firaun Cheops, Chifren dan Menkawa.
Runtuhnya Mesir Tua disebabkan karena sejak tahun 2500 SM pemerintahan mengalami kekacauan. Bangsa-bangsa dari luar misalnya dari Asia Kecil melancarkan serangan ke Mesir. Para bangsawan banyak yang melepaskan diri dan ingin berkuasa sendiri-sendiri. Akhirnya terjadilah perpecahan antara Mesir Hilir dan Mesir Hulu.
Kerajaan Mesir Tengah (1640 – 1570 SM)
Kerajaan Mesir Tengah dikenal dengan tampilnya Sesotris III. Ia berhasil memulihkan persatuan dan membangun kembali Mesir. Tindakannya antara lain membuka tanah pertanian, membangun proyek irigasi, pembuatan waduk dan lain-lain. Ia meningkatkan perdagangan serta membuka hubungan dagang dengan Palestina, Syria dan pulau Kreta. Sesotris III juga berhasil memperluas wilayah ke selatan sampai Nubia (kini Ethiopia). Sejak tahun 1800 SM kerajaan Mesir Tengah diserbu dan ditaklukkan oleh bangsa Hyksos.Pada waktu itu kerajaan Mesir Tengah sedang mengalami kehancuran yang sangat signifikan.





Kerajaan Mesir Baru (1570 - 1075 SM)
  Patung Raja/Firaun Thutmosis III
Sesudah diduduki bangsa Hyksos, Mesir memasuki zaman kerajaan baru atau zaman imperium. Disebut zaman imperium karena para Firaun Mesir berhasil merebut wilayah/daerah di Asia barat termasuk Palestina, Funisia dan Syria.
Raja-raja yang memerintah zaman Mesir Baru antara lain:
  1. Ahmosis I. Ia berhasil mengusir bangsa Hyksos dari Mesir sehingga berkuasalah dinasti ke 18, ke 19 dan ke 20.
  2. Thutmosis I. Pada masa pemerintahannya Mesir berhasil menguasai Mesopotamia yang subur.
  3. Thutmosis III. Merupakan raja terbesar di Mesir. Ia memerintah bersama istrinya Hatshepsut. Batas wilayah kekuasaannya di timur sampai Syria, di selatan sampai Nubia, di barat sampai Lybia dan di utara sampai pulau Kreta dan Sicilia. Karena tindakannya tersebut ia digelari “Napoleon dari Mesir”. Thutmosis III juga dikenal karena memerintahkan pembangunan Kuil Karnak dan Luxor.
  4. Imhotep IV. Kaisar ini dikenal seorang raja yang pertama kali memperkenalkan kepercayaan yang bersifat monotheis kepada rakyat Mesir kuno yaitu hanya menyembah dewa Aton (dewa matahari) yang merupakan roh dan tidak berbentuk. Ia juga menyatakan sebagai manusia biasa dan bukan dewa.
  5. Ramses II. Ramses II dikenal membangun bangunan besar bernama Ramesseum dan Kuil serta makamnya di Abusimbel. Ia juga pernah memerintahkan penggalian sebuah terusan yang menghubungkan daerah sungai Nil dengan Laut Merah namun belum berhasil.

    Masa Ramses II diperkirakan sezaman dengan kehidupan
    nabi Musa.

    Setelah pemerintahan Ramses II kekuasaan di Mesir mengalami kemunduran. Mesir ditaklukkan
    Assyria pada tahun 670 SM dan pada tahun 525 SM Mesir menjadi bagian imperium Persia. Setelah Persia, Mesir dikuasai oleh Iskandar Zulkarnaen dan para penggantinya dari Yunani dengan dinasti terakhir Ptolemeus. Salah satu keturunan dinasti Ptolemeus adalah Ratu Cleopatra dan sejak tahun 27 SM Mesir menjadi wilayah Romawi.

Bangsa mesir kuno memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah maju dan tak terduga
Masyarakat Mesir mengenal pemujaan terhadap dewa-dewa, mereka membuat obelisk dan kuil karnak seperti gambar diatas untuk memuja para dewa.
Piramida ssebagai tempat atau tanda kuburan dan menggambarkan perbuatan sang raja di dunia sebelum meninggal
Sphink  yaitu Patung berbadan singa dan berwajah manusia
 mastaba yaitu pyramid yang diatasnya terpotong, merupakan entuk awal piramida.
Pengawetan jenazah yaitu mummi firaun yang di awetkan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KERAJAAN DI INDONESIA, kutai,sriwijaya,majapahit

BAB 1 PENDAHULUAN KATA PENGANTAR Dengan mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT , yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita, karena kehendaknyalah kami dapat menyelesaikan tugas ini, dan tak lupa pula kami kirimkan shalawat beserta salam kepada nabi Muhammad S.A.W yang membawa kita dari alam kebodohan sampai alam yang berpendidikan yang kita rasakan kali ini, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas kami dari guru. Kami harap bisa memberi pelajaran kepada kita semuanya. Secara garis besar tugas ini adalah mengenai kerajaan yang ada di Indonesia, baik kerajaan kutai, tarumanegara, sriwijaya dan kerajaan maja pahit. kami mengucapkan terima kasih kepada orang tua, guru – guru , serta teman yang seperjuangan, karena tanpa kalian mungkin kami tidak bisa menyelesaikan tugas ini. kami berharap , semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi para pembaca atau yang membutuhkannya, dan bersama – sama ikut serta meningkatkan mutu pendidikan dan mencerdaskan kehidupan ban

Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi dan cara pemerintah mengatasinya.

Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi dan cara pemerintah mengatasinya. Permasalahan ekonomi di Indonesia pada umumnya terdapat masalah yang terkait dengan : 1.        Masalah kemiskinan Segi distribusi pendapatan nasional, penduduk Indonesia berada dalam kemiskinan. Sebagian besar kekayaan banyak dimiliki kelompok berpenghasilan besar atau kelompok kaya Indonesia. Upaya penanggulangan kemiskinan dapat dilakukan melalui berbagai cara, misalnya program IDT (Inpres Desa Tertinggal), KUK (Kredit Usaha Kecil), KMKP (Kredit Modal Kerja Permanen) PKT (Program Kawasan Terpadu), dan program wajib belajar. 2.        Masalah Keterbelakangan Jika dilihat dari segi penguasaan teknologi,Indonesia masih dikategorikan sebagai Negara berkembang.Ciri lain Negara berkembang adalah rendahnya tingkat pendapatan dan pemerataannya,rendahnya tingkat kemajuan dan pelayanan kesehatan,kurang terpeliharanya fasilitas umum,rendahnya tingkat disiplin masyarakat,rendahnya t